Kenapa harus Figma Auto Layout

Aditya Osama Hakim Efendy
2 min readApr 3, 2022

Pada kali ini kita akan membahas kenapa harus menggunakan Figma Auto Layout.

Apa itu Figma?
Buat yang belum tau Figma, Figma adalah salah satu design tool dan keunggulan dari Figma adalah web based. Sehingga jika kamu pengguna windows, linux ataupun mac, kamu bisa menggunakan design tool ini. Untuk menggunakannya, kamu cukup membuka figma.com di web browser kamu.

Oke, jadi Figma Auto Layout adalah salah satu fitur dari tools Figma yang cukup powerful di kalangan desainer yang menggunakan tools ini.

Meningkatkan efisiensi

Dengan menggunakan auto layout, kita bisa membuat komponen-komponen dengan lebih cepat dan rapi. Seperti di bawah ini.

membuat button dengan auto layout

Struktur layer lebih rapi

Selain meningkatkan efisiensi, penggunaan auto layout figma akan membuat struktur layering kita lebih rapi dan mudah dipahami. Ini merupakan perbedaan struktur layering dengan menggunakan auto layout figma dan tidak.

perbedaan layering dengan dan tidak menggunakan auto layout

Desain menjadi konsisten

pengaturan auto layout pada figma

Karena dengan menggunakan auto layout margin dan padding yang sudah diatur tidak akan berubah kecuali kita mengubahnya, sehingga walaupun diubah seperti di bawah ini margin dan padding akan tetap sama.

Desain menjadi responsif

Dengan menggunakan auto layout kita bisa mempunyai desain yang responsif sehingga kita bisa menyesuaikan dengan berbagai artboard yang berbeda ukuran.

modal card yang responsif

Conclusion

Dengan menggunakan figma auto layout kita dapat menghemat waktu dalam mengerjakan desain, mendapatkan desain yang konsisten, serta desain yang responsif.

LinkedIn

--

--