Pentingnya Typography dalam design

Aditya Osama Hakim Efendy
3 min readApr 10, 2022

Pada kali ini kita akan membahas pentingnya Typography dalam design terutama dalam UI Design.

Kenapa penting ?
Karena sebagian besar konten-konten yang kita lihat dalam produk digital sehari-hari terdiri dari banyak teks. Coba kita lihat contoh di bawah ini.

Typography adalah kunci dari keahlian seorang designer. Jenis-jenis huruf yang dipilih dan cara mereka bekerja dengan layouting, grid, warna, dan lainnya dapat membuat design lebih mudah dibaca untuk pengguna. Maka dari itu kita sebagai designer sangat penting untuk memahami penggunaan Typography dalam produk digital.

Berikut adalah konsep penting dalam Typography.

Pemilihan Font

Pemilihan font ini adalah hal pertama namun yang terpenting dalam proses Typography ini, karena dengan pemilihan font yang tepat bisa menambah kesan yang ingin disampaikan kepada pembacanya seperti gambar di bawah ini.

Penggunaan font pada series Stranger Things

Ukuran Font

Setelah mendapatkan jenis font yang sesuai maka kita harus memilih ukuran-ukuran yang akan kita gunakan. Dengan variasi ukuran font yang berbeda juga memiliki tujuan dan prioritas yang berbeda juga dalam penggunaannya seperti gambar di bawah ini.

Ketebalan Font

Biasanya terdapat beberapa jenis ketebalan teks yang sering digunakan yaitu Regular, Medium, Bold. Seperti ukuran font, ketebalan font ini juga memiliki tujuan dan prioritasnya sendiri, Dengan mengkombinasikan ukuran dan ketebalan font yang sesuai suatu teks akan lebih mudah dan cepat dipahami oleh orang yang membacanya. Mari kita lihat contoh di bawah ini.

Dengan menggunakan ketebalan teks yang tepat kita bisa dengan mudah melihat informasi yang penting ataupun informasi-informasi pendukung dengan melihat ketebalan teks yang digunakannya.

Spacing

Selain font penggunaan spacing juga menjadi faktor pendukung dalam membuat Typography design yang baik. Karena dengan spacing yang ideal teks akan lebih nyaman dibaca dan pengguna lebih betah memakai produk digital kita seperti saat kamu sedang membaca artikel medium ini. Selain dari penggunaan font yang tepat, penggunaan spacing yang diterapkan medium ini akan membuat kita semua lebih betah membaca artikel-artikel yang ada di sini. Berikut adalah contoh perbedaan penggunaan spacing yang tepat dan tidak.

Visual Hierarchy

Hierarchy artinya tingkatan. Jadi visual hierarchy adalah kombinasi tingkatan visual untuk memudahkan membaca informasi. Visual hierarchy ini sangat terpakai jika semakin kompleks suatu informasi yang ingin disampaikan. Berikut adalah contoh penggunaan dari visual hierarchy.

Design sebelah kanan menggunakan teks, warna, dan ukuran yang sama sehingga agak susah untuk melihat informasi yang disampaikan. Sedangkan pada design sebelah kiri memiliki visual hierarchy yang baik. Sehingga kita bisa dengan cepat dan mudah mengetahui informasi yang ingin disampaikan karena ada ukuran teks yang besar serta warna yang berbeda.

Conclusion

Dengan menerapkan konsep-konsep penting di atas ini kita dapat membuat Typography design kita menjadi lebih baik dan produk digital kita lebih dipahami oleh pengguna yang memakainya.

LinkedIn

--

--